Sabtu, 03 Oktober 2015

Software untuk Mencetak Foto

Inilah Beberapa Software untuk Mencetak Foto Dengan Berbagai Ukuran

 

Untuk mencetak satu foto pada satu kertas memang tidak perlu menggunakan software fotonya. Namun berbeda jika Anda menginginkan cetakan dalam jumlah yang banyak dan tidak ingin kerepotan dalam pengaturan ukuran. Sebagai contoh, apabila Anda hendak mencetak foto ukuran 4 x 6 dalam jumlah 10 lembar tentu lebih mudah menggunakan sejenis template atau layout.
Dengan template semacam ini, Anda tinggal memasukkan foto dan mengatur berapa jumlah yang akan dicetak serta mengatur posisi foto pada kertas. Nah, saat ini ada cukup banyak software untuk cetak foto dalam berbagai ukuran. Software-software tersebut sering digunakan oleh pemilik studio fotografi profesional dan Anda bisa menggunakannya.


ArcSoft Print Creations
Kedengarannya mungkin agak asing bagi Anda, yakni ArcSoft Print Creations. Sebuah software untuk cetak foto buatan ArcSoft yang memiliki banyak fitur-fitur kemudahan bagi pengguna. Sangat cocok bagi Anda yang ingin mencetak beberapa foto dengan tata letak dan kustom yang dapat disesuaikan. Selain itu tentu Anda bisa mengaturnya dalam ukuran tertentu serta mengatur kertas ukuran apa yang dipakai. Setelah itu tinggal tekan opsi Print. Antarmuka software ini cukup sederhana dan pastinya sangat mudah untuk dipahami oleh Anda yang masih pemula sekalipun. Pengaturan jumlah foto bisa disesuaikan sampai 20 foto berukuran kecil dalam satu kertas A4 standar. Selebihnya memang Anda sendiri yang harus mengatur. Tidak hanya sebagai print manager, software ini juga menyediakan fitur editing sederhana sebelum melakukan proses pencetakan.
Untuk sekedar mengatur kontras, brightness, saturasi, ketajaman maupun efek warna tentu bisa dilakukan. Nantinya foto yang sudah diatur pada layout bisa tersimpan dengan format JPEG, TIP maupun BMP jika belum ingin dicetak. ArcSoft Print Creations dapat Anda unduh pada situs resmi arcsoft.com dengan ukuran yang lumayan cukup besar mencapai 42.66 MB. Software ini tersedia dalam dua versi, untuk PC Microsoft Windows maupun Mac OS X melaluilink ini.

PhotoELF printing software
Jika merasa ArcSoftw Print Creations belum memiliki fitur lengkap, Anda bisa menggunakan PhotoELF printing software. Aplikasi serba guna ini akan membantu Anda dengan mudah mencetak foto digital di rumah atau kantor. Nikmati segala fitur dan kemudahan dalam aplikasi ini ditambah penggunaan yang cukup mudah. Bayangkan saja, PhotoELF mampu menawarkan kemampuan untuk mencetak hingga 144 foto dalam satu halaman, print proof sheets, montages, calendars dan masih banyak lagi. Anda cukup mengklik satu foto diseret ke layout aplikasi, lalu atur ukuran dan posisi pada halaman kertas. Anda dapat membuat halaman cetak kustom sendiri dengan template atau bisa juga menggunakan fitur standar "Auto Organize". 
PhotoELF printing software dapat kompatibel dengan kebanyakan merek mesin printer modern, baik itu Hewlett Packard (HP), Epson, Canon, Xerox, Lexmark, Compaq dan lain-lain. Namun tentu lebih lebih berkualitas jika Anda menggunakan mesin cetak jenis Photo Lab Print. Software ini dapat Anda dapatkan pada situs resmi photoELF dengan ukuran yang cukup kecil hanya 12 MB. Namun photoELF hanya tersedia khusus untuk OS Windows baik XP, Vista, 7 dan 8 melalui link ini.

Photo Lighting
Untuk yang ketiga dan mungkin bisa menjadi alternatif selain ArcSoft dan PhotoRLF adalah Photo Lighting. Fiturnya tidak kalah dibandingkan keduanya. Anda bisa dengan cepat mencetak beberapa foto dalam hitungan detik secara mudah. Template Photo Lighting dan fitur print preview dirancang guna menjamin cetakan yang sempurna setiap waktu. Tentu tidak akan ada lagi kertas yang terbuang percuma akibat kesalahan cetak atau Anda juga dapat sekedar membuat variasi seperti bingkai foto Anda, menempatkan foto ke dalam album, atau membuat halaman album menarik.
Berbagai ukuran foto bisa Anda cetak, baik itu pas foto, foto sedang maupun besar. Beberapa fitur tambahan lain adalah pengaturan ukuran font, warna , dan tebal atau miring untuk keterangan foto. Photolightning juga mendukung template kertas foto dari Epson, Avery Dennison, Canon, Great White, Hewlett - Packard, Kodak , Jet Direct, Olympus, Sony, dan banyak masih lagi. Photo Lighting dapat Anda unduh pada situs resminya dengan harga hanya USD 39.95. Namun tersedia gratis untuk versi Trial dengan ukuran hanya 8 MB melalui link ini.

Kesimpulan
Itulah beberapa software untuk cetak foto yang dapat Anda gunakan dengan hasil cetakan dalam berbagai ukuran. Ada software yang memiliki fitur tambahan seperti bingkai ataupun untuk fitur jenis serta tampilan font. Semuanya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. [ALX]
http://www.plimbi.com/review/142431/software-cetak-foto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar