Sabtu, 03 Oktober 2015

Tips&Tricks menangkap bola dengan benar

Menangkap Bola Dengan Tepat

Menangkap bola, adalah suatu kegiatan yang siapapun pasti bisa melakukannya. Hal sederhana inilah yang menjadi senjata utama bagi seorang Penjaga Gawang baik itu Futsal maupun Sepakbola. Namun sayangnya, masih banyak gol yang terjadi akibat ketidaktepatan penjaga gawang dalam menerapkan teknik dasar tersebut (miss goalkeeping). Oleh karena itu penting bagi seorang penjaga gawang untuk menguasai teknik ini secara matang sebelum mempelajari teknik-teknik lain dalam menjaga gawang.





Dikategorikan berdasarkan ketinggian arah datangnya bola, ada 3 macam ketinggian, yakni bola bawah yakni bola yang datang dengan menggelusur tanah, bola setengah badan (saya lebih suka menyebutnya bola dada :D) yang datang dengan ketinggian sebatas dada dan bola atas, yaitu bola yang datang dengan melambung tinggi. Dibutuhkan teknik menangkap yang berbeda dalam menaklukkan ketiganya. Saya akan berusaha menjelaskannya kepada anda sesingkat dan sejelas mungkin tentang bagaimana trik agar anda dapat menaklukkan ketiga jenis bola tersebut:
1. Langkah pertama. Ingat! Usahakan agar badan anda selalu sejajar dengan arah datangnya bola 
Hal ini penting jika anda gagal melakukan tangkapan dengan tepat, masih ada tubuh anda yang menghalangi sehingga bola tidak masuk ke dalam gawang.

2. Untuk bola bawah: 
• Setelah anda mensejajarkan badan anda dengan arah bola, rapatkan kedua paha anda, kemudian tekuk lutut kiri anda mendekati lutut kanan anda sehingga jika dilihat dari arah datangnya bola, kaki kiri anda berbentuk huruf L, lakukan hal yang sama untuk lutut kanan anda sehingga terlihat dari arah datangnya bola, kaki anda berbentuk sudut siku-siku.
• Turunkan kedua tangan anda dengan punggung tangan yang menyentuh lantai serta lengkungkan kedua tangan dengan bersiap-siap menerima datangnya bola
• Ketika bola datang, biarkan bola tersebut menaiki kedua tangan anda, ketika bola telah mencapai siku, angkat tangan anda dan peluk bola tersebut.

3. Untuk bola setengah badan:
• Ambil posisi yang kokoh menurut anda, jika boleh saya memberi saran, rentangkan sedikit kedua kaki anda, sambil agak sedikit menekuk lutut anda, hal ini berguna sebagai kuda-kuda jika seandainya anda harus melompat (beberapa kali pose ini berhasil menyelamatkan gawang saya akibat bola yang berubah arah tiba-tiba setelah dibelokkan oleh lawan :D).
• Arahkan kedua tangan anda kedepan dengan lurus sesuai dengan arah datangnya bola dan dengan kekuatan yang cukup, penting untuk anda lakukan sebab kecepatan bola yang datang bisa mencapai 70 km/jam atau bahkan lebih! (Bayangkan jika tangan anda tidak siap menerima bola).
• Ketika bola datang, tangkap bola dengan bentuk telapak tangan anda seperti yang ada di gambar. Lalu gerakkan tangan anda sedikit kebelakang untuk meredam sisa-sisa energy kinetic bola.

• Jika energy kinetic bola yang tersisa tidak bisa anda redam yang berarti kecepatan bola terlalu cepat bagi anda, ada dua hal yang dapat dilakukan, pertama: arahkan bola di tangan anda ke bawah sehingga memantul ke lantai, dengan demikian anda tinggal menangkap pantulan bola dari lantai saja yang sudah pasti kecepatannya jauh lebih rendah dibandingkan bola pertama. Yang kedua: lepaskan bola tersebut sehingga mendarat di depan dada anda, sehingga anda dapat memeluk bola tersebut untuk menghilangkan kecepatannya. Cara yang kedua lebih sulit dibandingkan cara yang pertama sebab membutuhkan timing cepat dari anda, saran saya jika memang bola itu terlalu cepat bagi anda, redam kekuatannya dengan cara pertama.

4. Untuk bola atas:
• Ambillah ancang-ancang melompat yang nyaman menurut anda
• Rentangkan kedua tangan anda kearah atas setinggi mungkin, keuntungan bagi seorang penjaga gawang jika dibandingkan dengan striker lawan ialah ketika terjadi duel di udara, anda memiliki tambahan tinggi hampir satu meter lebih tinggi dibandingkan loncatan yang ia lakukan. Oleh sebab itu manfaatkanlah dengan baik keuntungan tersebut.
• Hal yang penting untuk anda ketika anda melakukan loncatan, selalu angkat salah satu lutut anda kedepan sebagai proteksi bagi anda jika seandainya terjadi tabrakan pada saat duel udara terjadi.
• Tangkaplah bola tersebut dengan gerakan telapak tangan yang persis sama pada gambar di nomor 3.



Sederhana bukan? Setelah anda mengetahui tips menangkap dengan tepat, saatnya bagi anda untuk melakukan prakteknya di lapangan. Ingatlah, semakin sering anda berlatih, semakin tajam insting anda dalam menangkap bola secepat apapun itu. Just Do It because Practice Makes Perfect! :D
Sumber : http://kamisakiwebs.blogspot.co.id/2012/04/tips-menangkap-bola-dengan-benar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar